Meteorologist. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 08 Juni 2014

Consistency and Standards - bukukita.com


           Dari namanya sudah sangat jelas, yaitu konsisten dan standarisasi. Pada suatu sistem tentunya terdapat beberapa menu, fungsi maupun bahasa. Terdapat aturan-aturan yang sudah menjadi standar bagi tampilan sebuah situs atau website. Dari segi bahasa hendaklah konsisten menggunakan satu bahasa saja, tetapi boleh menggunakan istilah-istilah dari bahasa lain yang apabila digunakan istilah tersebut membuat pengguna mengerti dengan apa yang dimaksud oleh sistem.
Dari sisi tempilan menu, seharusnya posisi atau nama dari menu tersebut memudahkan pengguna untuk mencarinya, dengan kata lain apabila terdapat banyak menu yang di susun secara order list hendaklah mengurutkanya secara ascending atau dari abjad a sampai dengan z. Jika menu hanya sedikit dan terdapat perbedaan karakteristik dan fungsi dari menu tersebut, hendaknya menu yang memilki kemiripan fungsi atau karakteristik dikelompokan kedalam satu kategori sehingga memudahkan pengguna dengan menu yang konsisten dan telah disusun sesuai standar pada umumnya.
            Pada jenis tampilan, web ini sudah sangat apik dalam hal kekonsistensian tampilan web, penggunanaan ikon dan font yang standart serta konsisten. Seperti tampilan pada sebelah kiri dimana terdapat menu user untuk login sedangkan tampilan akan berubah setelah user masuk ke halaman data persona nya.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------


Selain itu, kategori buku juga telah terurutkan dengan baik sesuai abjad. Namun ada sedikit kendala terhadap standarisasi kata yang ada pada kategori tersebut. Bagian “buku import” terlalu banyak terspesialisasi. Setelah saya melihat isi “buku import”, :buku import special”, dan “buku import teknik dan design” dirasa sama saja, mungkin alangkah lebih bainya menggunakan 1 kategori “buku import” saja.
 
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk warna tampilan, dirasa sudah cukup konsisten, tidak terlalu berlebihan atau merusak mata dengan berganti-ganti warna. Perpaduan abu-abu, putih, merah, biru sudah bagus dan cenderung special karena diisi sampul buku warna-warni. Mungkin bagi sebagian pengunjung warna abu-abu dirasa sedikit suram apalagi bukukita.com merupakan sebuah toko buku online yang besar cenderung tampilannya akan terlihat kuno. Saran saja lebih baik berani menggunakan warna biru atau hijau dengan sedikit abu-abu, dibandingkan full abu-abu putih.


Severity Ratings : 1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar