Meteorologist. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 08 Juni 2014

Error Prevention - bukukita.com



Dalam bahasa yang sederhana, error prevention adalah bagaimana sebuah website dapat mencegah terjadi suatu error yang dibuat oleh pengguna akibat kesalahan memasukan input atau menjalankan suatu task pada suatu fungsi di website tersebut. Salah satu bentuk pencegahan pada masa modern ini adalah seperti fungsi acount availability checker pada fungsi membuat akun email baru pada yahoo ataupun webmail lainya. Sekalipun error tidak dapat cegah, sistem harus menampilkan pesan error yang jelas sehingga pengguna tahu mengapa error terjadi.

Misal ketika ingin login, textbox yang tersedia untuk pengisian email pada bagian login kurang panjang untuk menampung semua karakter yang ditulis oleh pengguna. Panjang karakter yang terlihat didalam karakter hanya 19 karakter. Jika ada user yang memiliki email lebih dari 19 karakter, kemungkinan kesalahan akan terjadi karena user mungkin saja salah mengetik emailnya namun karakter dari semua email yang diketik tidak terlihat. disarankan panjang karakter yang digunakan pada textbox email lebih dari 19.




---------------------------------------------------------------------------------------------
Pesan error juga telah muncul ketika pengisian registrasi. Pada halaman ini bukukita.com telah menampilkan petunjuk-petunjuk untuk setiap pengisian box agar meminimalisir kesalahan pengguna. Sayangnya dalam petunjuk tersebut tidak disebutkan kalau pengisian harus dimulai dari atas agar ketika load kembali data lainnya yang terisi tidak hilang. Saya mencoba tidak mengisi data alamat terlebih dahulu. Saya isi semua data kecuali alamat. Setelah semua terisi saya baru mengisikan nama provinsi. Ketika saya memilihnya, ternyata system melakukan load kemudian tampilan registrasi saya muncul kembali, sayangnya semua data yang saya isi hilang semua. Pengguna harus menulis ulang semua data yang ada. Seharusnya ada pemberitahuan sebelumnya atau pesan khusus yang menyatakan bahwa hal tersebut penting untuk dilakukan.



Severity Ratings : 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar