Meteorologist. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 08 Juni 2014

Recognition Rather Than Recall - bukukita.com

Poin HE lainnya yaitu memandang suatu antarmuka yang baik adalah yang dapat mengurangi kewajiban pengunjung dalam mengingat suatu informasi. Kalau diartikan sederhana Recognition dalam hal ini adalah pengguna dapat mengetahui dimana posisi mereka berada atau pengguna tau jalur menu mana saja yang telah mereka lalui. Sebuah situs biasanya menggunakan breadcrumb agar pengguna bisa melakukan recognition atau mengetahui dimana posisi mereka saat ini hal ini bertujuan agar mereka tidak melakukan recall. Recall merupakan proses dimanaa pengguna mengakses sebuah web dari awal kembali karena tidak menemukan posisi dimana mereka berada pada suatu kondisi. Jika terdapat breadcrumb proses recall tidak perlu dilakukan karena pengguna bisa mengetahui jalur menu yang dilalui untuk mencapai menu yang sedang diakses oleh pengguna.

Kebanyakan dari website bukukita.com telah menjalankan fungsi ini dengan baik. Setiap tombol pada buku kita memberikan keterangan ringkas apa yang harus dilakukan pengguna. Misalnya dalam penggunaan symbol bintang tambah. Pada halaman sebelumnya symbol tersebut diberi keterangan “Tambah ke daftar keinginan” namun ketika masuk kekeranjang belanja tombol tersebut tidak memiliki keterangan. Untung saja ketika saya arahkan kursor ke area tersebut langsung muncul keterangan yang mengingatkan saya terhadap tombol tersebut.

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selain itu pengguna juga tidak harus mengingat form pengisian ketika terjadi kesalahan pengisian karena data yang sebelumnya diisi masih tetap ada. Pengguna hanya diminta mengisi area yang salah, sehingga pengguna tidak perlu mengingat data-data sebelumnya. 




-----------------------------------------------------------------------------------------------
Namun pengguna masih harus mengingat menu atau tahapan dimana pengguna bisa berada pada menu tersebut sekarang. Web bukukita.com masih save untuk menu semua kategori. Minimal dalam web tersebut ditunjukkan bahwa pengguna sedang membuka  bar aktif 
Kedepannya mungkin bisa diberi link aktif proses pengguna hingga berada di halaman tersebut.
Halaman Depan >> Lihat buku >> buku terlaris >> buku agama >> agama islam >> Islam kejawen
agar memudahkan pengguna mengingat tahapan agar dapat masuk ke halaman sebelum-sebelumnya.

Severity Rating : 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar