Meteorologist. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 08 Juni 2014

Visibility of System Status - bukukita.com



Pada kesempatan ini saya ingin sedikit mereview dan menilai interface sebuah website berdasarkan heuristic Evaluation. Kali ini saya memilih sebuah website toko buku online yang sudah cukup terkenal di Indonesia yaitu bukukita.com. Secara keseluruhan tampilan web ini sudah dirasa cukup baik. Ketika membuka link bukukita.com, saya langsung disuguhi tampilan home web tersebut(Lihat gambar atas). Dalam tampilan home tersebut terdapat dua macam fitur utama. Pertama, tampilan home bukukita.com menggunakan tampilan statis seperti umumnya website toko online yaitu berupa katalog-katalog buku. Kedua, website tersebut menggunakan tampilan dinamis. Buku-buku recommended ataupun buku baru disusun melingkar dan berputar searah jarum jam dan pengguna tinggal mengklik pada gambar buku tersebut.




1. Visibility of System Status
            Salah satu poin yang dinilai pada Heuristic Evaluation adalah Visibility of system status yaitu ada tidaknya status atau keterangan sehingga pengguna mengetahui dimana dia berada dari web tersebut. Contohnya ketika ingin membuka laman buku terlaris maka pilihannya yaitu harus mengklik pada navigasi bar “lihat buku”. Waktu mengarahkan kursor ke “lihat buku”, maka navigasi tersebut berubah warna menjadi putih dan munculah drop down menu sekunder nya. Hal ini berarti menunjukkan bahwa visibility of system status bekerja dengan baik.

------------------------------------------------------------------------------------------------
Namun ternyata hal tersebut tidak diikuti dengan pergantian warna navigasi bar ketika telah masuk ke laman yang dipilih. Saya mencoba mengklik “buku terlaris” dan munculah halaman dibawah ini. Pada halaman tersebut, pengguna tidak dapat mengetahui di navigasi bar mana pengguna berada karena tidak adanya petunjuk seperti perubahan warna atau penebalan shape pada navigasi bar yang aktif. Seharusnya pada laman “buku terlaris”, navigasi bar “lihat buku” berubah warna seperti sebelumnya, sehingga pengguna tahu bahwa pengguna sedang aktif di  laman “buku terlaris” yang berada pada navigasi bar “lihat buku”.

             
------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sedangkan untuk title bar web tersebut, saya rasa tidak ada masalah yang berarti. Ketika saya mencoba membuka beberapa  halaman web bukukita.com ternyata saya masih bisa membedakan saya berada di halaman aktif sebelah mana dari website tersebut. Terlihat dari gambar bahwa saya membuka 3 halaman web bukukita.com sekaligus dan terlihat dari perbedaan title bar.

Severity ratings: 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar